Sebenarnya apakah itu LED? Lalu apa bedanya dengan lampu-lampu biasa?
LED merupakan kepanjangan dari Light Emitting Diode. Sesuai namanya, LED merupakan sebuah dioda yang dapat memancarkan cahaya. Dioda sendiri merupakan salah satu komponen elektronika yang hanya dapat mengalirkan arus listrik dalam satu arah, tidak bolak-balik. Dioda ini sendiri terbuat dari bahan semikonduktor. Nah, LED adalah salah satu jenis dioda yang memanfaatkan eksitasi (pelepasan energi) elektron dalam bahan semikonduktor tersebut untuk menyalakan sumber cahayanya. Warna cahaya yang dihasilkan oleh LED ini juga bermacam-macam, tergantung bahan yang digunakannya.


LED ini banyak digunakan di berbagai peralatan saat ini. Beberapa monitor PC, layar laptop, ponsel, smartphone, maupun tablet sudah menggunakan teknologi LED ini sebagai layarnya. Untuk dapat membuat layar utuh, dalam tiap pikselnya terdapat susunan LED tiga warna, yaitu merah, hijau, dan biru.


Saat ini sudah banyak bermunculan Teknologi canggih untuk menunjang sebuah Event atau Acara, dari Sound System yang besar dan Canggih, Tata Lampu yang menarik, Bahkan di tambahnya LED Wall Screen Display.

Pentingnya LED Wall Screen Display dalam Sebuah Event Launching Produk atau Booth Display.

Di dalam dunia Multimedia selalu mengalami perkembangan dari zaman ke zaman, karena kategori dunia ini termasuk dalam Komputerisasi dan Elektronika yang inovasinya berkelanjutan.

Diantara kebutuhan yang terus berkembang, teknologi LED lahir, perbedaan yang signifikan dari Sumber cahaya dari LED Lebih terarah, Fokus dan tidak menyebar. Perlu diketahui, LED atau (Light Emitting Diode) adalah sebuah teknologi baru dalam bidang Pencahayaan yang kemudian berkembang menjadi Teknologi Multimedia, lebih Khusus lagi dalam Visualisasi. Sejarah dan Perkembangan teknologi ini kemudian menjawab kebutuhan Proyeksi gambar yang biasa digunakan sebagai Screen atau Background dalam sebuah event / perform.


LED Wall screen Display sering disebut dengan LED Screen, LED Display, Video Wall, Videotron, dan Screen Proyektor. Penggunaannya bisa anda jumpai di Mall-Mall besar, Billboard jalan, maupun penyelenggaraan sebuah acara / event besar, baik untuk penyampaian informasi maupun media iklan.


Ada 4 Type LED Display System yang perlu kamu ketahui :

  1. LED Screen, Yang menampilkan Gambar di sebuah layar
  2. LED Tube, LED ini dikontrol oleh mixer Lighting Controller untuk merubah-rubah Gradasi Warna Single & Full Color
  3. LED Curtain, LED ini memiliki fungsi sebagai LED Indoor (Semi Outdoor) yang bisa menampilkan tampilan grafis & teks yang dihasilkan melalui PC Controller.
  4. LED Floor, Jenis LED Lantai, teknologi tinggi baru, berbasis grafis Lantai yang bisa menampilkan Grafis, animasi, gambar & Text yang dihasilkan oleh PC Controller

Dalam sebuah Event, Visualisasi yang menampilkan proyeksi ini menempati urutan urgent dalam perlengkapan acara, tanpanya, dapat dipastikan Stage akan mengalami kekosongan atraksi (vacuum of attraction), dan acara menjadi hambar. Atraksi visual ini sejajar derajat pentingnya dengan sistem suara (Sound System) dan pencahayaan (Lighting).

Our Project